Sabtu, 17 Maret 2012

Kamaluddin Harahap :Panwaslukada Ujung Tombak Hasilkan Kdh Bermartabat

Medan,  Wakil Ketua DPRDSU, Ir H Kamaluddin Harahap MSi meminta Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Panwaslukada) 2013 Provinsi Sumut benar-benar menjalankan tugasnya menjaring enam calon anggota Panwasluda Provsu yang akan dikirim ke Bawaslu Pusat. Ini diperlukan agar Anggota Panwaslukada Provsu yang akan ditetapkan Bawaslu Pusat nantinya benar-benar orang yang mampu dan memiliki keberanian dan ketegasan dalam mengawasi setiap proses pelaksanaan Pilgubsu 2013.
    Hal itu dikemukakan Kamaluddin Harahap yang juga Wakil Sekjen DPP PAN didampingi Anggota DPRDSU,Hj Rahmiana Delima Pulungan, saat menerima  audiensi Ketua Tim dan Anggota Seleksi Calon Anggota Panwaslukada Provsu, Zakaria Taher dan Maya Manurung di ruangannya gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (7/8).
    Kamaluddin Harahap berharap 6 nama yang akan dipilih dan ditetapkan tim seleksi calon anggota Panwaslukada Provsu merupakan orang-orang terbaik yang akan mengetahui tugas dan fungsinya. Sehingga pelaksanaan Pilgubsu 2013 akan menghasilkan kepala daerah yang terbaik, sesuai pilihan masyarakat Sumut.
    "Kita berharap ada perubahan besar di tubuh anggota Panwaslukada Provsu di Pilgubsu 2013. Jika perubahan tersebut bisa dicapai maka akan berimbas terjadinya perubahan besar pula bagi masyarakat dan pembangunan di Sumatera Utara,"kata Kamaluddin Harahap.
    Sebab, Kamaluddin menilai, Anggota Panwaslukada merupakan ujung tombak dalam menghasilkan kepala daerah bermartabat,sesuai keinginan dan pilihan masyarakat Sumatera Utara.Untuk itu, Kamaluddin berharap kepada Anggota Panwaslukada Provsu benar-benar mengawasi proses Pilgubsu 2013 serta menindak segala bentuk kecurangan yang terjadi dilakukan oleh calon kepala daerah dan tim suksesnya.
    "Kita sangat berharap besar terhadap keseriusan, keberanian dan ketegasan Anggota Panwaslukada dalam mengontrol segala bentuk kecurangan khususnya permainan money politic di Pilgubsu 2013. Apalagi dengan posisi Panwaslukada yang saat ini independen dan tidak ada hubungannya langsung dengan KPU, sehingga nantinya bisa juga mengawasi kinerja para Anggota KPU.Jadi, jika Anggota panwaslukada benar-benar kuat dalam melakukan pengawasan, maka siapapun akan takut untuk berbuat curang, termasuk Anggota KPUD,"katanya.
    Pada kesempatan itu, Kamaluddin juga menyatakan keseriusannya memperjuangkan anggaran yang maksimal untuk Panwaslukada Provsu. Ini diperlukan, agar para Anggota Panwaslukada dalam menjalankan tugasnya benar-benar tidak terkendala dengan persoalan anggaran di lapangan.
    "Jadi dengan anggaran yang besar tersebut diharapkan nantinya tidak ada lagi alasan atau kendala bagi anggota Panwaslukada malas dalam menjalankan tugasnya, karena anggaran yang minim.Bahkan kita berharap dengan anggaran yang besar tersebut nantinya akan diupayakan keberadaan Anggota Panwaslukada di setiap lingkungan atau desa di Sumatera Utara,"sebutnya.
    Pendaftaran
    Sementara itu, Ketua Timsel Calon Anggota Panwaslukada Provsu 2013, Zakaria Taher menyampaikan, dirinya bersama dua anggota lainnya yakni Maya Manurung dan Nasir Wahab Dalimunthe telah ditugaskan oleh Bawaslu Pusat untuk melakukan penjaringan calon anggota Panwaslukada Provsu.Dia menjelaskan, pihaknya mulai tanggal 8 hingga 15 Maret 2013 membuka pendaftaran bagi kalangan masyarakat yang ingin menjadi Anggota Panwaslukada Provsu 2013 di sekretariatnya Jalan Karya Wisata No 15 K Kelurahan Pangkalan Masyur Kecamatan Medan Johor Medan.
    Dia menjelaskan, adapun syarat-syaratnya yakni membuat surat lamaran, WNI berusia 35 tahun keatas, melampirkan foto copy KTP, Pas Photo 4x6 sebanyak 6 lembar, membuat daftar riwayat hidup, foto copy akte kelahiran, dan foto copy ijazah paling rendah S1 yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang. Zakaria mengatakan, bagi para pendaftar yang telah mengajukan lamaran, maka Timsel akan melakukan ujian tertulis untuk menjaring sebanyak 12 orang."Selanjutnya 12 orang tersebut akan dilakukan ujian wawancara, yang nantinya akan diambil hanya enam orang calon untuk diajukan ke Bawaslu Pusat. Selanjutnya Bawaslu nantinya hanya akan memilih tiga nama yang berhak menjadi Anggota Panwaslukada provsu 2013,'kata Zakaria.
    Zakaria mengatakan, keberadaan Anggota Panwaslukada saat ini sangat berbeda dengan Panwaslukada di masa lalu."Yakni kalau dulunya Anggota Panwaslukada mengacu pada UU 32 tahun 2004, dimana pemilihan anggota Panwaslukadanya hanya dilakukan di DPRD serta berjumlah enam orang dari unsur masyarakat, pers, akademisi, Kepolisian, dan Kejaksaan. Namun saat ini penetapan Anggota Panwaslukada mengacu lewat UU No 22 tahun 2007, dimana jumlahnya hanya tiga orang yang dipilih langsung di tingkat Bawaslu dan secara profesional yang tidak lagi berdasarkan baik dia dari unsur pers, kepolisian, dan kejaksaan,"katanya. (  )

AUDIENSI: Wakil Ketua DPRDSU, Ir H Kamaluddin Harahap MSi (dua iri) saat berfoto bersama dengan Timsel Calon Anggota Panwaslukada Provsu 2013. Kamaluddin Harahap menyatakan, Anggota Panwaslukada merupakan ujung tombak dalam menghasilkan kepala daerah yang bermartabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar